Jumat, 17 Mei 2013

SOFTWARE OPEN SOURCE ANIMASI “BLENDER”


Sotware berbasis open source memiliki beberapa software yang dapat digunakan untuk membuat animasi 3D. Beberapa software 3D diantaranya adalah Anime Studio, Foto Morph, Abrosoft Fanta Morp Pro, Aurora Animasi 3D Maker, Animator DV Simple, Pivot Stickfigure Animator, Monkey Jam, Stykz, Sqirlz Morph, dan Blender.
Dari beberapa software open source animasi tersebut, Blender merupakan salah satu software open source yang terkemuka di dunia, blender merupakan salah satu aplikasi grafik 3 dimensi berkualitas tinggi. Aplikasi blender dapat dijalankan di system operasi windows, linux, dan macintosh.

Blender memiliki organisasi non profit yang bernama “Blender Foundation”, software berbasis open source ini digunakan untuk dikembangkan secara komersial dan dirilis di bawah GPL (GNU General Public Lisence), sehingga kode sumbernya sudah tersedia dan dapat diambil oleh siapa saja.
Blender dapat digunakan untuk membuat visualisasi 3D, blender memiliki berbagai macam kegunaan termasuk pemodelan, rendering, texturing dan masih banyak lagi.
Selain bisa digunakan untuk system operasi windows, linux dan mac OS, kita juga dapat mengoperasikan software blender melalui system operasi IRIX, Solaris, NetBSD, FreeBSD, dan OpenBSD.
Kelebihan dari software blender ini diantaranya :
  1. Open source
  2. Multi platform
  3. Update
  4. Free (gratis)
  5. Ringan dan sederhana
Berikut adalah beberapa screenshoot blender yang dapat kita jadikan inspirasi :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar